Jumat, 25 Januari 2008

PSIK FK UGM


Salah satu bagian dari Program Studi Ilmu Keperawatan adalah bagian kep.komuntis. saat ini bagian keperawatan komunitas sedang menjalankan beberapa program baik dalam hal sistem pendidikan maupun pengembangan keilmuan dan pengabidan masyarakat.

kegiatan pendidikan saat ini yang dikembangkan antaralain pengembangan metode pembelajaran dengan cara "Student Center Learning" (SCL). metode ini sangat cocok untuk mahasiswa khususnya pada bagian komunitas,mahasiswa dituntun aktif dengan belajar secara mandiri dan kelompok serta langsung merasakan pengalaman di komunitas.

metode SCL telah lama dikembangkan oleh UGM,dan bag.komunitas sendiri mencoba menerapkan sistem yang digunakan oleh banyak fakultas ini.

pada sistem ini banyak hal yang bisa didapatkan oleh mahasiswa antara lain memunculkan kemampuan hard skill dan kemampaun soft skill. ada banyak hal yang bisa dilaksanakan dalam metode SCL seperti diskusi,seminar,tutorial,penugasan,tugas lapangan,dll.pada saat kita menggunakan metode ini dosen berfungsi sebagai fasilitator,yang bukan berarti dosen hanya pendengar tetapi justru disininal peran dosen untuk mampu memfasilitasi baik dalam sumber belajar,diskusi,mengarahkan,mengontrol,memodifikasi metode,memacu semangat,dan masih banyak lagi peran yang harus dipenuhi sebagai dosen.
guna mencapai target yang diharapkan pada tahap profesi Ners di bagian kep.komunitas telah menjalankan metode pembelajaran kolaboratif learning dimana mahasiswa keperawatan bersama dengan mahasiswa kedokteran dan gizi kesehatan bekerja secara bersama di masyarakat dan di puskesmas untuk menyelesaikan dan memecahkan individual problems,family problems dan comunity problems.model ini kita sebut Kuliah Kerja Kesehatan Masyarakat (K3M) terintegrasi.dengan menggunakan sistem ini mahasiswa akan lebih memahami dan menyadari akan peran dan fungsi tiap tiap profesi,dan tentunya mereka akan belajar menghargai,belajar bekerjasama, yang nantinya setelah mereka selesai kuliah akan mudah beradaptasi pada pekerjaannya.

selain dari itu program yang sedang dikembangkan oleh bagian kep.komunitas adalah pengembangan home care yang berbasis rumah sakit dan masyarakat,program ini dimulai pada bulan januari 2008 dengan bekerjasama dengan rs banyumas,kegiatan ini dimaksudkan antara lain sebagai sarana belajar,penelitian,pengabdian masyarakat,pengembangan keilmuan,dll. kedepan diharapkan mahsiswa pada bag.komunitas akan bisa langsung belajar secara nyata tentang bagaimana home care itu dilaksanakan serta bentuk pelayanan apa saja yang bisa dilaksanakan dirumah oleh seorang lulusan Ners. saat ini masih banyak para lulusan Ners bingung tentang meodel praktik yang bisa dilaksanakan,dan tidak sedikit mereka keliru dalam pemahaman dan pelaksanaan praktik mandiri perawat,dengan metode pembelajaran home care ini diharapkan mahasiswa lebih memahami sistem pelayanan,manajemen pelayanan,alur rujukan,kolaborasi,dan pelayanan home care itu sendiri.

bagian kep.komunitas FK UGM berkomitmen untuk terus mengembangkan suatu bentuk pendidikan dan bentuk pelayanan keperawatan yang sesuai dengan aturan dan profesionalisme.

kegiatan yang lain yang akan dilaksanakan oleh bag.komunitas adalah melakukan pelatihan dan work shop mengenai sistem pembelajaran lapangan komunitas dan pelatihan mengenai home care hospital based dan comunity based yang direncanakan akan dilaksanakan setiap tahun.
program pelatihan yang dilaksanakan bisa dilaksanakan di rumah sakit yang bersangkutan (inhouse training)atau mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh "Training Center" PSIK UGM.dalam pelatihan ini diharapkan peserta akan mampu menganalisis kebutuhan akan pelayanan home care,manajemen home care,dan belajar secara langsung kepada para pelaksana dan pengelola program home care.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kami penyedia jasa pembuatan website menawarkan jenis web site untuk instansi :
1. Paket Hemat
Deskripsi: Tipe Web Dinamis, Hosting 100 MB, CMS MsWord, Open Source Design, File Manager
Multipage, Server USA, Tarif: Rp 300.000,-

2. Paket Standar
Deskripsi:
Tipe Web Dinamis, Domain .COM/.NET/.ORG,Hosting 1000 MB, CMS MsWord, Open Source Design, File Manager, Multipage, Server USA, Tarif: Rp 800.000,-

3. Paket Standar Plus
Deskripsi:
Tipe Web Dinamis, Domain .COM/.NET/.ORG, Hosting 1000 MB, CMS MsWord, Custom Design, Minor Custom Program, File Manager, Multipage, Server USA, Tarif: Rp 1.500.000,-

4. Paket Custom
Deskripsi:
Tipe Web Dinamis, Domain .COM/.NET/.ORG, Hosting 1000 MB, CMS MsWord, Custom Design, Custom Program Standar, File Manager, Multipage, Server USA, Tarif: Rp 2.500.000,-

5. Paket Full Custom
Deskripsi:
Tipe Web Dinamis, Domain .COM/.NET/.ORG, Hosting 1000 MB, CMS MsWord, Custom Design, Custom Program Kompleks, File Manager,Multipage,Server USA, Tarif: Rp 3.500.000,-

Contact online via YM/email : priyanto_yk@yahoo.com