Kamis, 24 Januari 2008

K3M UGM


Kuliah kerja kesehatan masyarakat atau biasa disebut K3M,merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa tahap profesi di fakultas kedokteran ugm. pada mulanya K3M dilaksanakan hanya pada masing-masing profesi,kedokteran sendiri,keperawatan sendiri,bagian gizi pun demikian.pada tahun 2006 mulai dirasakan perlunya kebersamaan antar profesi, kebersamaan ini dimaksudkan agar lulusan fk ugm mempunyai nilai lebih dalam hal soft skill, kemampuan soft skill yang diharapkan pada mahasiswa adalah: mampu menghargai baik sesama profesi maupun bukan sesama,team work, team building, toleransi, dll. dari dasar itulah maka para dosen yang berkecimpung pada bidang kesehatan masyarakat bekerja bersama untuk membangun suatu sistem yang baik. pada awalnya memang sangat sulit untuk merumuskan standar kopetensi,karena setiap profesi memiliki standar yang berbeda,akan tetapi perbedaan bukan merupakan suatu penghambat justru perbedaan menjadi suatu motivasi bersama unuk bisa lebih mengerti dan memahami arti perbedan tersebut.

akhirnya dengan kerja keras yang didasari kebersamaan dan saling menghargai pada tahun 2006 k3m bisa terlaksana.

pada awal pelaksanaan kegiatan juga tidak mudah,banyak hambatan dan permasalahan yang muncul, banyak perbedaan pendapat dan ketidak sepakatan namun tahap demi tahap masalah tersebut bisa diatasi.

saat ini sudah kesekian kali k3m terintegrasi dilaksanakan,dan kami dari team k3m terintegrasi juga berusaha mempromosikan dan mensosialisasikan program ini kepada berbagai pihak agar kiranya program seperti ini tidak hanya di fk ugm tapi di tempat lain yang memiliki keberagaman pendidikan profesi.masa depan kesehatan bangsa ini berada pada tenaga kesehatan,sudah sepatutnya kita mulai menyadari pentingnya kebersamaan dengan tetap mempertahankan profesionalisme.

dari hasil evaluasi didapkan mahasiswa merasakan pentingnya kerjasama antar profesi,mereka bekerja sesuai dengan bidang dan keilmuan.saya sebagai dosen pembimbing fakultas merasa inilah dasar sebuah perubahan yang akan datang.

kita merasa bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang kecil untuk membuat suatu perubahan yang besar,tapi kita yakin dari hal kecil bisa membuat kita menjadi paham akan arti sebuah perubahan.(heru)

Tidak ada komentar: