Kamis, 24 Januari 2008

RS BANYUMAS

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) UGM telah mengadakan kerjasama dengan RS Banyumas dalam mengembangkan home care berbasis rumah sakit. kegiatan ini awalnya dilakukan pada agustus 2007 dengan melakukan berbagai kegiatan seperti work shop,pelatihan dan lain lain. RS Banyumas sebagai rumah sakit pemerintah berkomitment untuk mengembangkan pelayanan kesehatan lanjutan atau biasa disebut home care. home care yang dikembangkan di rs banyumas mungkin bukan merupakan pertamakalinya di indonesia,tapi kita mencoba membuat suatu perubahan paradigma atau pandangan mengenai home care berbasis rumah sakit yang berbasis profesialisme,komprehensif,dan mentaati peraturan dan perundang undangan.banyak home telah dikembangkan di rumah sakit baik negeri maupun swasta tapi masih banyak juga home care dianggap sebagai kegiatan second work/samben, untuk mencari penghasilan tambahan tanpa memperhtikan pelayanan yang berorientasi pada profesionalisme dan pasient demand.
kegiatan pertama kali yang dilakukan di rumah sakit banyumas bekerja sama dengan ugm ini adalah sosialisasi program dan advokasi program kepada jajaran direksi,yang selanjutnya memiliki pandangan dan visi yang sama.
tahap selanjutnya team pengembang home care melakukan beberapa kegiata seperti :mini research untuk mengetahui WTP (wiilingness to pay) dan ATP (ability to pay) yang kemudian di analisis kebutuhan dan kemampuan konsumen. progam progam yang lain juga banyak kita lakukan seperti pelatihan,work shop.
akhirnya kelar juga pekerjaan kita untuk membentuk home care berbasis rumah sakit yang telah di lounchingkan pada bulan januari 2008.ini adalah langkah awal kita untuk membuat suatu perubahan,ini merupakan hal penting bagi seorang perawat untuk bisa mengembangkan keilmuan dan mengembangkan diri sehingga profesi khususnya perawat lebih bisa berperan dalam kesejahteran masyarakat.
PSIK FK UGM dan RS Banyumas mulai tahun 2008 juga memberi kesempatan kepada rumah sakit lain untuk belajar bersama kita tentang perencannan serta manajemen home care. pelatihan yang kita tawarkan ini berdasarkan pengalaman langsung dari kegiatan home care berbasis rumah sakit RS Banyumas.

1 komentar:

Richard Roesnadi mengatakan...

Tulisan yang menarik..

Buat rekan-rekan, saya punya contoh real software Rumah Sakit (SIMRS) yang lengkap dan powerfull,
dan sangat membantu administrasi RS, khususnya proses billing rawat inap sekali klik,tagihan piutang asuransi (dan corporate) secara otomatis, juga perhit Honor Dokter/Jasa medis. Pokoknya lengkap dan gamblang.

Silahkan download : klik disini

Semoga bisa jadi masukan berarti