Jumat, 22 Februari 2008

PELATIHAN MANAJEMEN KEPERAWATAN

Pendahuluan
Rumah sakit merupakan pelayanan sekunder yang memiliki tanggung jawab yang besar serta tuntutan yang tinggi dari pelanggan. Salah satu tuntutan yang harus diperhatikan adalah pelayanan prima yang tidak hanya memberikan pelayanan sesuai standar tetapi mengedepankan kepuasan pelanggan.
Perawat sebagai ujung tombak rumah sakit harus memahami dan mengerti betul akan kebutuhan tersebut karena perawat akan selalu menghadapi secara langsung pelanggan baik pasien maupun keluarga selama pasien dirawat.
Dilain pihak dengan banyaknya rumah sakit baik pemerintah maupun swasta menuntut perawat untuk memberikan pelayanan yang komprehensif yang tidak hanya mengedepankan kepusan pelanggan tetapi loyalitas pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan.
Perawat juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang profesional sebagai salah satu indikato dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan untuk menciptakan loyalitas perlu adanya kemampuan dalam hal soft skill yang mungkin saat ini dianggap hal yang kurang penting. Banyak permasalahan yang bersumber dari soft skill yang kurang baik dan tentu saja hal ini akan berdampak pada kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Demi mencapai keberhasilan tersebut bagian Manajemen keperawatan PSIK FK UGM mencoba medisign model pelayanan keperawatan profesional berbasis soft skill yang nantinya diharapkan bisa menjawab permasalahan baik sisi pelayanan dan manajemen mikro itu sendiri.





Tujuan pelatihan
Setelah melaksanakan pelatihan peserta akan mampu
a) Mengerti dan memahami konsep manajemen keperawatan
b) Mengerti dan paham tentang kepemimpinan dalam keperawatan
c) Mengerti dan mampu mengembangkan tentang manajemen team building,manajemen konflik,perubahan,manajemen SDM
d) Mampu melakukan model praktik keperawatan profesional
e) Mampu melakukan peran primary nurse (PN),asociate Nurse (AN),kepala ruang
f) Mampu mempraktekan soft skill dalam pelayanan keperawatan
g) Mampu menggali kebutuhan soft skill pada masing masing instansi
h) Mampu membuat perencanaan kegiatan dalam upaya praktek keperawatan Profesional berbasis soft skill

Peserta pelatihan
a) Manajer perawat :kepala bidang keperawatan, kepala ruang,Primary Nurse(PN)
b) Perawat rumah sakit (negeri maupun swasta)
c) Dosen mata ajar manajemen keperawatan

Fasilitator
1) Sri Werdati.SKM.,M.Kes
2) Nuryandari .SKM.M.Kes
3) Silvy.S.psi.,M.Sc
4) Heru Subekti.S.Kp.,Ns.,MPH

Tempat pelatihan
Pelatihan akan dilksanakan di gedung ismangoen PSIK FK UGM, dan apabila ada permintaan dari instansi tertentu maka pelatihan dapat dilaksanakan di tempat instansi yang bersangkutan (inhouse training)
In house training : pelatihan dilaksanakan pada instansi yang bersangkutan


Waktu pelatihan yang diadakan oleh PSIK UGM
pelatihan dilaksanakan dua kali dalam setahun,masing masing dilaksanakan pada :
15 april sampai dengan 18 april setiap tahun
18 november sampai dengan 21 november setiap tahun
Sedangkan waktu pelatihan untuk model “IN HOUSE TRAINING” akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama





Biaya pelatihan
Biaya pelatihan : Rp.1.300.000.,-


Course director : Heru Subekti.S.Kp.,Ns (081578881751)
E-mail :subekti.heru@gmail.com (http://subektiheru.blogspot.com)
Sekretariat : PSIK FK UGM,Gedung Ismangoen (0274) 545674

1 komentar:

Richard Roesnadi mengatakan...

Bagi Rekan-rekan yang mau lihat contoh real software Rumah Sakit (SIMRS) yang lengkap dan powerfull,
dan sangat membantu administrasi RS, khususnya proses billing rawat inap sekali klik,
tagihan piutang asuransi (dan corporate) secara otomatis, juga perhit Honor Dokter/Jasa medis.
Pokoknya lengkap dan gamblang.

Silahkan download : klik disini

Semoga bisa jadi masukan.